cara bermain kartu uno

Cara Bermain Kartu Uno, Beserta Aturannya !!

Berkumpul bersama teman adalah salah satu momen yang paling menyenangkan. Ada banyak cara bermain kartu uno yang bisa dilakukan untuk membuat suasana kumpul bersama teman lebih seru, salah satunya dengan bermain kartu UNO. Saat ini permainan UNO sedang digandrungi oleh semua kalangan terutama anak muda. Bahkan tidak jarang beberapa kedai kopi menyediakan kartu UNO untuk menarik pelanggan. Hal inilah yang membuat game ini masih eksis hingga saat ini.

Game asal Amerika Serikat ini diciptakan oleh seorang pemilik barbershop dari Reading, Ohio, bernama Merle Robbins pada tahun 1971. Seiring berjalannya waktu, banyak ditemukan jenis UNO, seperti UNO stacko, spin, attack, dan masih banyak lagi. Meski begitu, banyaknya jenis UNO terkadang membuat orang bingung saat ingin memainkannya.

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara memainkan kartu yang satu ini, berikut cara bermain kartu UNO dan aturannya seperti dikutip dari artikel kami :

Untuk memulai permainan anda harus berkumpul antara 2 hingga 10 orang. Dimana pemain harus berusia minimal 7 tahun. Setelah memenuhi syarat, kocok kartu dan bagikan 7 kartu ke setiap pemain.

Kemudian, Anda dapat meletakkan sisa kartu pada bagian tengah meja. Pastikan kartu menghadap ke bawah di tumpukan. Nantinya, tumpukan kartu tersebut akan diambil oleh masing-masing pemain sepanjang permainan.

Cara Bermain Kartu Uno Sesuai dengan Aturan Berlaku

Sisa kartu diletakan di tengah meja

Cara bermain UNO selanjutnya untuk memulai pertandingan, putar kartu teratas dari tumpukan undian. Kemudian, letakkan kartu teratas di sebelah tumpukan undian menghadap ke atas. Kartu-kartu ini akan digunakan oleh Anda untuk memulai permainan dan seiring berjalannya permainan, kartu-kartu ini menjadi tumpukan “dump”.

Keluarkan Kartu Sesuai Angka, Warna dan Simbol

Langkah selanjutnya, keluarkan kartu sesuai dengan warna, simbol, atau angka pada kartu yang telah dibuka. Pemain di sebelah kiri spreader harus mengeluarkan kartu dengan nomor, warna, kata, atau simbol yang sama dengan kartu menghadap ke atas di tengah meja.

Setelah itu, minta dia untuk meletakkan kartunya di atas kartu buangan. Pemain selanjutnya kemudian melihat kartu yang dia miliki untuk mencari kartu yang bisa dikeluarkan.

Ambil Kartu dari Tumpukan

Cara bermain kartu Uno selanjutnya, ambil satu kartu dari tumpukan jika tidak memiliki kartu yang bisa dikeluarkan. Saat giliran Anda dan tidak ada kartu dengan nomor, warna, atau simbol yang sama dengan kartu terbuka di atas meja, ambil satu kartu dari tumpukan dan simpan.

Jika Anda mengeluarkan kartu gratis, Anda dapat memutuskan warna mana yang akan dimainkan pada giliran berikutnya. Jika Anda mengeluarkan kartu “Ambil 2” (+2), pemain berikutnya harus menarik 2 kartu dan gilirannya dilewati.

Sedangkan jika anda mengeluarkan kartu “Rewind”, arah putarannya dibalik, sehingga pemain yang bermain sebelum anda mengeluarkan kartu kembali mendapat giliran. Berkata “UNO” saat Anda hanya memiliki satu kartu. Pastikan untuk terus memainkan giliran Anda sampai pemain hanya memiliki satu kartu.Saat Anda tidak mengatakan “UNO” di tahap ini, maka pemain lain yang mengetahuinya akan menghukum Anda. Namun, jika tidak ada pemain yang menyadari bahwa Anda tidak mengatakan “UNO”, Anda tidak perlu dihukum.
Saat anda mengeluarkan kartu terakhir sebelum yang lainnya selesai maka anda akan memenangkan permainan. Pastikan setelah Anda memiliki satu kartu tersisa dan Anda telah mengatakan “UNO”.

Cara Menghitung Poin

Cara bermain  kartu UNO selanjutnya adalah menghitung poin setiap putaran. Pemain yang memenangkan permainan akan mendapatkan poin dari jumlah kartu yang tersisa di tangan pemain lain. Rekam poin untuk setiap putaran dan terus bermain hingga pemain mencapai 500 poin.

Memiliki total skor,sehingga para pemain akan memenangkan ronde dan mendapatkan 20 pound pada setiap kartu “Ambil Dua”, “Lulus” atau “Kembali” di tangan lawan. Pemain akan mendapatkan 50 poin untuk kartu “Gratis” dan “Gratis Ambil 4”. Sementara itu, pemain akan mendapatkan poin sesuai dengan angka yang ada di kartu.

Baca Juga : 5 Jenis Main Sudoku Yang Harus Dicoba!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.