anak kecanduan game online

Berikut 5 Cara Atasi Anak Kecanduan Game Online

Bermain game adalah salah satu bentuk hiburan paling populer bagi banyak orang. Kenikmatan bermain game tanpa pengendalian diri, bisa berakibat fatal kalau sudah mencapai tingkat kecanduan game online. Anak Kecanduan game online bisa dialami oleh siapa saja, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Sebenarnya bermain game itu menyenangkan dan bisa menghilangkan stres. Tetapi, kalau dilakukan secara berlebihan dan tanpa henti, kebiasaan ini justru akan berdampak buruk. Salah satu contohnya adalah game online.

Anak Kecanduan game online dapat diartikan sebagai gangguan jiwa yang dapat ditandai dengan keinginan untuk bermain game selama berjam-jam bahkan melupakan beberapa aktivitas, hal ini menyebabkan penderitanya mengalami masalah psikologis. Dalam beberapa hal dampak anak kecanduan game online dapat dilihat dari beberapa gejala seperti:

  • Mempunyai keinginan untuk terus bermain game sepanjang waktu.
  • Merasa down, stres, atau marah saat tidak bisa bermain game.
  • Dibutuhkan banyak waktu untuk bermain game agar merasa lebih baik.
  • Menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk bermain game tanpa melakukan aktivitas lain seperti makan, belajar, atau bekerja.
  • Mengalami masalah seperti di rumah, sekolah atau tempat kerja, karena kebiasaannya bermain game.
  • Memiliki kebiasaan berbohong kepada orang lain karena mendorong Anda untuk selalu bermain game.
  • Buang-buang uang untuk beli kuota internet atau game.
  • Selain mengalami gejala fisik, seperti mudah lelah, sakit kepala atau migrain. sakit pinggang, mata pusing, dan tentunya merusak kesehatan mata.

Kecanduan seperti ini harus segera diatasi, terutama bagi orang tua yang memiliki anak kecanduan game online karena akan berdampak lebih besar lagi. Lalu gimana cara mengatasi kecanduan game?

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Masalah Anak Kecanduan Game Online :

1. Mulai batasi waktu permainan

Jika anak terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game, maka orang tua bisa mencoba cara ini dan menerapkannya secara perlahan. Jika anak Anda bermain game selama dua jam berturut-turut, maka cobalah untuk membatasinya hanya satu jam dengan mengalihkan anak Anda ke aktivitas belajar sambil bermain di luar.

2. Mencari hobi baru

Orang tua dapat mencoba melibatkan anaknya atau mendidik anaknya untuk menemukan hobi baru yang dapat mengalihkan perhatiannya dari bermain game, seperti menggambar atau bermain game daripada bermain game.

3. Menempatkan perangkat game di luar kamar tidur

Jika anak Anda bermain game menggunakan perangkat game, ada baiknya jika perangkat tersebut diletakkan di luar ruangan seperti di ruang tamu. Selain bisa membatasi permainan anak, orang tua juga bisa mengawasi anak saat bermain game.

4. Temani anak saat bermain game

Dengan mendampingi anak saat bermain game, orang tua dapat mengingatkan anak untuk berhenti bermain game online dan melakukan aktivitas lainnya serta dapat memilih game yang bersifat edukatif untuk anak.

5. Tentukan konsekuensi jika aturan tidak diikuti

Konsekuensi yang dimaksud bisa seperti memberikan hukuman ringan kepada anak. Misalnya, jika seorang anak bermain game lebih dari waktu yang ditentukan, orang tua dapat menghukumnya dengan mengambil game tersebut, meskipun tetap melakukannya secara perlahan sampai kecanduan game tersebut dapat dikurangi secara perlahan.

Baca Juga : Kode Syair Toto Macau I Forum Syair Toto Macau 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.